Monday, June 14, 2010

COMMUNICATION WEEK DAN SEMINAR NASIONAL FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI

Abstract

Dalam Rangka memperingati Ulang Tahun UMB yang ke-25 Tahun dan Lustrum ke-5, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana menyelenggarakan Communication Week dan Seminar Nasional dengan Tema “Urgensi Etika Komunikasi Dalam Transformasi Global”. Acara ini diselenggarakan dari tanggal 14 – 19 Juni 2010 di Menara UMB lantai 7 Kembangan Jakarta Barat. Communication Week 2010 adalah yang pertama kalinya diselenggarakan oleh FIKOM UMB.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara Communication Week dan Seminar Nasional Bapak Ir. Arissetyanto Nugroho, MM (Wakil Rektor UMB) menyampaikan, “Dewasa ini aspek kehidupan publik dikelola berdasarkan mekanisme pasar. Dampaknya segenap aspek kehidupan publik diukur oleh akumulasi materi. Gejala ini dapat dipahami dalam konteks makin menguatnya aspek kapitalisme dalam ranah formasi sosial. Kapitalisme disini dimaknai sebagai faktor yang menggerakkan suatu proses transformasi berlanjut atas capital sebagai uang menjadi capital sebagai komoditi. Diikuti oleh suatu transformasi dari capital sebagai komoditi menjadi capital sebagai uang yang bertambah.” Seminar ini akan membahas tema yang meliputi sebagai berikut: (1). Menggugat Fenomena pengabaian etika komunikasi akibat tuntutan sistem ekonomi pasar, (2). Menggugat eksistensi etika-etika komunikasi yang ada saat ini seperti (KEJ, P3 dan SPS, Etika Priklanan, Etika PR, dll), (3). Mencari jalan keluar agar etika-etika komunikasi tersebut terimplementasi dengan baik di setiap elemen masyarakat.

Narasumber yang hadir meliputi Yudi Latief, Phd (Konsultan Politik), Ida Anggraeni A, MSi (Dosen Tetap FIKOM UMB) dan Dr Haryatmoko ( Dosen Tetap Universitas Sanatadarma Yogyakarta). Moderator dipandu oleh Agustina Zubair (Dosen Tetap FIKOM UMB). Peserta hampir 300 mahasiswa FIKOM yang focus untuk memahami bagaimana implikasi aspek etis dalam berkomunikasi.

Tujuan acara ini ditegaskan kembali oleh Ibu Diah Wardhani, MSi (Dekan FIKOM UMB) yakni tersosialisasikannya dan teraplikasikannya konsep-konsep etika komunikasi dalam bidang komunikasi sehingga tujuan komunikasi berjalan dengan efektif. Acara yang digelar dalam rangkaian Communication Week 2010 ini tidak hanya Seminar saja, melainkan juga ada Workshop, yang meliputi Seminar Prodi Broadcasting, 15 Juni 2010. Dilanjutkan Seminar Prodi Public Relations (16 Juni 2010), Seminar Prodi Marcomm & Davertisisng (17 Juni 2010). Sekaligus diselenggarakan lomba Portofolio Mahasiswa yang dipublikasikan saat penutupan Communication Week.

TULISAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KATEGORI:

Berita


0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright by Mercu Buana News