Friday, July 30, 2010

SEMILOKA NASIONAL FE UMB: PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK-ETAP) UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN UKM

Abstract
Dalam rangka menyambut ulang tahun Ke-25 Tahun UMB, serta memeriahkan Lustrum Ke-5 yang diresmikan pada 7 Desember 2009 lalu, Program Studi Akuntansi FE UMB bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik menyelenggarakan Seminar Loka Karya Nasional (Semiloka Nasional) dengan tema “Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP) untuk Mendukung Pengembangan UKM”. Kegiatan ini mengundang beberapa pembicara yang ahli dibidangnya, antara lain Bapak Roy Iman, SE, M.Si (Wakil Ketua DSAK), Bapak Dr. Jan Hoesada (Anggota Tim Perumus SAK-ETAP) serta Ibu Ersa Triwahyuni, SE, M.Si (Anggota DSAK). Selain itu hadir pula Keynote Speaker Bapak Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc (Dirjen Dikti Kementrian Pendidikan Nasional RI) serta Praktisi Perbankan Bank BRI.

Tujuan dari diselenggarakannya semiloka tersebut adalah untuk membangun kerjasama dengan profesi akuntan, perbankan, pengusaha UKM dan pihak terkait lainnya dalam implementasi standar ETAP. Meningkatkan pemahaman tentang perlunya membangun perekonomian rakyat Indonesia berbasis UKM serta menjadi wadah untuk komunikasi antara pengusaha UKM dan akademisi, dalam rangka pembimbingan penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK-ETAP.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Dr. Ir. H. Suharyadi, MS (Rektor Universitas Mercu Buana) menyampaikan bahwa “Perekonomian Indonesia mampu bertahan disaat krisis telah menjadi isu yang menarik dan banyak dibicarakan di berbagai forum. Kekuatan perekonomian Indonesia terletak pada sektor usaha kecil dan menengah (UKM). Masalah utama yang dihadapi oleh UKM yang berjumlah sekitar 42 juta unit usaha adalah keterbatasan modal. Profesi akuntan dalam hal ini dituntut perannya untuk mampu memberikan pedoman standar akuntansi yang lebih sederhana serta mudah diterapkan oleh UKM dan sekaligus dapat diterima oleh perbankan. Melihat tantangan global yang sangat kompetitif maka sangatlah penting untuk mendiskusikan dan merumuskan kebijakan kedepan agar semua pihak yang terkait dapat mendukung pembangunan perekonomian sektor UKM. Bagi dunia pendidikan tentu sangat diharapkan perannya dalam membangun SDM yang kompeten dalam manajemen dan pelaporan keuangan UKM. Serta membantu mengenalkan standar akuntansi yang baru yaitu standar akuntansi keuangan ETAP”.
Peserta dalam Seminar Lokakarya Nasional yang diselenggarakan pada hari Kamis, 15 Juli 2010 lalu di Aula Rektorat Universitas Mercu Buana Jakarta Barat ini adalah para praktisi bisnis, UKM, Perbankan (Konvensional dan Syariah), Akuntan Pendidik (Dosen) dan Mahasiswa.
Dalam presentasinya, Bapak Roy Iman SE, M.Si menyampaikan tema Standar Akuntansi UKM: International Benchmarking UKM. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari Bapak Dr. Jan Hoesada dengan topik Standar ETAP. Strategi kemudahan untuk Membangun Ekonomi berbasis UKM dan diakhiri presentasi dari Ibu Ersa Triwahyuni SE, M.Si dengan topik Interprestasi dan Implementasi ETAP. Semoga dengan diselenggarakannya Semiloka Nasional FE UMB ini, dapat mendukung pembangunan perekonomian Indonesia dengan basis UKM.

TULISAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KATEGORI:



0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright by Mercu Buana News