Thursday, August 5, 2010

LOKAKARYA NASIONAL :PENGEMBANGAN METODE PENGAJARAN PRAKTEK WIRAUSAHA MAHASISWA UNTUK MEMASUKI DUNIA USAHA

Abstract

Membangun Masyarakat Wirausaha merupakan salah satu cara untuk mengatasi kondisi di atas. Menurut Joseph Schumpeter, kelompok ini selalu menciptakan pembaharuan kreatif, tajam melihat peluang usaha, berani mengambil risiko dan memiliki ambisi sukses yang kuat. Kelompok masyarakat wirausaha yang seperti ini tentunya sangat berpotensi untuk lahir dari perguruan tinggi. Program Pengembangan Kewirausahaan perlu dilaksanakan untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan pada para mahasiswa dan juga staf pengajar serta diharapkan menjadi wahana pengintegrasian secara sinergi antara penguasaan sains dan teknologi dengan jiwa kewirausahaan. Selain itu diharapkan pula hasil-hasil penelitian dan pengembangan tidak hanya bernilai akademis saja, namum mempunyai nilai tambah bagi kemandirian perekonomian bangsa. Kewirausahaan, dapat didefinisikan sebagai kemampuan melihat & menilai kesempatan-kesempatan (peluang) bisnis serta kemampuan mengoptimalisasikan sumberdaya dan mengambil tindakan serta bermotivasi tinggi dalam mengambil resiko dalam rangka mensukseskan bisnisnya.

Peranan perguruan tinggi dalam memotivasi mahasiswanya menjadi wirausahawan sangatlah penting. Perguruan tinggi harus mampu berperan dengan benar dalam menghasilkan sarjana yang siap berwirausaha. Mulai dari kurikulum, proses pembelajaran, fasilitas dan penciptaan iklim yang menumbuhkan keinginan kuat untuk bewirausaha. Pimpinan dan pengelola lembaga pendidikan tinggi di wilayah Kopertis III, Akademisi di seluruh Indonesia, Masyarakat peminat pendidikan dan mahasiswa pascasarjana tentu membutuhkan informasi akan hal tersebut.

Berdasarkan hal tersebut diatas, maka Universitas Mercu Buana menyelenggarakan Lokakarya Nasional dengan tema ” PENGEMBANGAN METODE PENGAJARAN PRAKTEK WIRAUSAHA MAHASISWA UNTUK MEMASUKI DUNIA USAHA”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 03 Agustus 2010 bertempat Ruang Seminar C.203 Kampus UMB, Meruya, Jakarta Barat. Adapun pembicara yang hadir dalam kesempatan tersebut, yaitu ; Drs. Neddy Rafinaldy Halim, MS. (Deputi menteri Negara Koperasi dan UMKM Bidang Pengembangan SDM), Prof Dr. Enoch Markum ( Guru besar Psikologi UI), Fenny Mustafa ( Pengusaha Nasional) dan Naomi Susan (Pengusaha Nasional) serta Hendarman, MSc., Ph.D (DirekturDirektorat Kelambagaan Dirjen DIKTI Kementrian Pendidikan Nasional RI) sebagai keynote speaker.

Kegiatan ini selain mengkaji pola pendidikan kewirausahaan di Perguruan Tinggi yang lebih operasional dan memberikan hasil yang lebih baik, juga diharapkan dapat mendukung terciptanya pendidikan kewirasuahaan yang benar-benar mampu memberikan hasil yang memadai bagi peserta didik, serta mendukung program pemerintah dalam pengembangan usaha kecil dan menengah yang baik melalui lahirnya para wirausahawan muda dari kalangan lulusan Perguruan Tinggi yang mampu bersaing di era globalisasi.


TULISAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KATEGORI:



0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright by Mercu Buana News