Tuesday, September 21, 2010

HALAL BI HALAL 1 SYAWAL 1431 H : SEBARKAN CINTA KASIH SAYANG KEPADA SESAMA

Tidak terasa, bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah dan ampunan telah pergi meninggalkan kita. Bulan yang mengajarkan kita semua untuk bisa menahan lapar haus serta hawa nafsu. Bulan Ramadhan adalah media kita berlomba-lomba dalam kebaikan, tibalah saatnya kita menyambut hari kemenangan, hari pengampunan bagi seluruh umat manusia, hari yang selalu ditunggu kehadirannya yaitu Hari Idul Fitri 1431 Hijriah.

Dalam rangka menyambut Hari Idul Fitri 1431 H, Universitas Mercu Buana menyelenggarakan Halal bi Halal yang diperuntukkan bagi seluruh pimpinan dan civitas akademika UMB. Sebagai narasumber diundang Bapak Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, MA (Dirjen Bimas Islam Kementrian Agama Republik Indonesia). Acara tersebut diselenggarakan pada hari Rabu, 15 September 2010 di Aula Rektorat Universitas Mercu Buana Jakarta. Beliau menyampaikan tausiah tentang asal mula kata Halal Bi Halal. Sejak kemerdekaan Indonesia tahun 1945 yang bertepatan dengan bulan Ramadhan, terdapat anak anak muda Kauman Jogjakarta yang merayakan kemenangan dalam merebut kemerdekaan serta kemenangan setelah melewati puasa sebulan penuh, membuat tulisan di dinding yang bertuliskan Halal Bi Halal. Kemudian kata Halal Bi Halal menjadi dikenal masyarakat Indonesia hingga ke mancanegara. Pada dasarnya silaturahmi tidak hanya pada aspek antar manusia, namun juga dengan semua mahluk hidup ciptaan Allah SWT, dengan alam roh, bahkan dengan alam kebendaan yang secara kasat mata tidak bernafas. Bagaimana berkomunikasi dan bersilaturahmi sangatlah kembali kepada pribadi masing masing individu. Seperti sifat sifat Tuhan yang lebih banyak menekankan pada kasih saying, cinta kasih daripada sifat bermusuh-musuhan. Silaturahmi dari asal kata arahim, rahim identik dengan sifat feminin, sehingga perempuan dapat dinilai sebagai pencipta pencipta kecil yang selalu menjadi sumber cinta kasih dan sumber kepedulian pada sesama. Itulah makna silaturahmi yang dilakukan setiap Idul Fitri, tidak terbatas pada bermaaf maafan, namun juga membangun kebersamaan dan menyebarkan rasa damai, cinta, kasih sayang kepada sesama.

Disisi lain Rektor UMB, Bapak Prof Dr Suharyadi, MS mengaskan kembali, bahwa dengan semangat fitrah dan kembalinya umat dalam kondisi suci bersih, maka bersih dan suci pula hati kita. Termasuk juga meningkatkan sifat jujur, tanggungjawab dan disiplin, yang terus menerus dibangun oleh karyawan dalam menuju kemajuan UMB. Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan halal bi halal tersebut, semakin mempererat tali silahturahmi antara pimpinan dan segenap civitas akademika Universitas Mercu Buana.

“SELAMAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1431 HIJRIAH, MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR & BATIN”.


TULISAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KATEGORI:



0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright by Mercu Buana News