Tuesday, September 21, 2010

PELATIHAN METODE PENGAJARAN DALAM KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI

Dalam peningkatan mutu dari hasil pembelajaran, Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Marcu Buana Jakarta mengadakan pelatihan Metode Pengajaran Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk para dosen pengampu mata kuliah pada semester ganjil tahun ajaran yang akan dating. Pelatihan yang diadakan sehari penuh pada hari Jumat, 6 Agustus 2010 di FIKOM UMB ini mengundang trainer dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta yaitu Ibu DR. Sylvi Dewajani. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Akdemik Ibu Ir. Srijanti, M.Sp, Ka. Biro. Adm. Akademik dan MKCU Ibu Ir. Primi Artiningrum, M.Arch, Dekan FIKOM Ibu Dra. Hj. Diah Wardhani, M.Si, Wakil Dekan FIKOM Bapak Drs. Hardiyanto, M.Si, para Ketua dan Sekretaris Bidang studi di FIKOM beserta para dosen tetap dan dosen luar biasa FIKOM UMB.


Pada kesempatan tersebut, Ibu Dra. Diah Wardhani, M.Si selaku Dekan FIKOM UMB menyampaikan harapannya agar kualitas lulusan dari FIKOM UMB semakin meningkat sesuai dengan perubahan paradigma pengajaran. Untuk itulah, harus dimulai dengan peningkatan pengajaran para dosen agar input yang diberikan kepada mahasiswa harus sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan supaya outputnyapun sesuai dengan yang diharapkan oleh universitas dan juga dunia industri selaku user.

Ibu DR. Sylvi Dewajani dalam penyampaiannya mengatakan bahwa telah terjadi pergeseran paradigma pengajaran bahwasanya dosen bukan lagi bagaimana mengajarkan dengan baik atau teacher center, tetapi bagaimana mahasiswa bisa belajar dengan baik dan berkelanjutan (student centered learning). Ibu Sylvi juga mengatakan bahwa perkembangan ilmu yang sangat cepat berubah, maka yang dibutuhkan bukan lagi transfer ilmu tetapi transformasi cara pengajaran. Untuk itu, dalam Kurikulum berbasis kompetensi ujian tulis tidak lagi menjadi hal utama dalam penilaian.


TULISAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KATEGORI:



0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright by Mercu Buana News